5 Obat Herbal Untuk Hipertensi

Hipertensi  merupakan penyakit yang disebabkan karena tekanan darah naik atau tinggi. Hal itu bisa dipicu karena banyak hal. Hal-hal yang dapat memicu hipertensi adalah pola makan yang salah, kurangnya olahraga, kurangnya istirahat, banyaknya pikiran yang membuat stress dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda cek tekanan darah Anda ke dokter dan kalau sudah mempunyai riwayat tersebut sebaiknya cek tekanan darah secara berkala.

Dalam melakukan penyembuhan hipertensi ini jangan hanya menggunakan obat-obat kimia saja karena lama-lama bisa menimbulkan efek samping. Anda bisa mengimbangi pengobatan tersebut dengan menggunakan obat herbal untuk hipertensi. Obat ini merupakan obat yang berasal dari bahan-bahan alami yang sering Anda jumpai di dalam rumah Anda.

Bahan-bahan yang bisa untuk obat hipertensi adalah sebagai berikut.

  1. Daun salam
hipertensi bisa diobati dengan daun salam

daun salam

Daun salam merupakan salah satu bumbu dapur yang digunakan untuk menambah cita rasa dalam masakan. Selain itu, daun salam ini juga memiliki khasiat dalam menurunkan tekanan darah. Jadi sangat cocok bila digunakan sebagai obat herbal untuk hipertensi. Jika Anda ingin membuta obat dari daun salam ini maka ikuti resep di bawah ini.

  1. Siapkan sebanyak sepuluh lembar daun salam, kemudian cuci hingga bersih.
  2. Kemudian rebus daun salam tersebut ke dalam tiga gelas air.
  3. Tunggu hingga sampai mendidih dan air menyusut sampai menjadi satu gelas.
  4. Jika sudah seperti itu, saringlah air rebusan daun salam tersebut.
  5. Minum air tersebut sekaligus di waktu malam hari. Lakukan hal tersebut setiap hari secara rutin sehingga tekanan darah tinggi bisa menurun.
  6. Rumput laut

Biasanya rumput laut digunakan sebagai campuran untuk makanan maupun minuman. Rumput laut ini ternyata memiliki beberapa jenis seperti nori, kombu dan wakame. Jika Anda mengkonsumsi rumput laut ini ternyata akan berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah dan juga kolesterol.  Sehingga rumput laut ini bisa menjadi obat herbal untuk hipertensi.

Cara untuk mengkonsumsi rumput laut ini sebagai obat adalah Anda bisa mencampurkannya ke dalam makanan atau minuman tetapi tentunya makanan dan minuman tersebut tidak menimbulkan efek samping seperti menaikkan tekanan darah.

  1. Ketimun
ketimun sebagai obat hipertensi

ketimun

Buah yang satu ini memiliki rasa yang hambar dan sedikit mempunyai getah. Ketimun ini biasanya banyak dijadikan lalapan, lotek atau yang lainnya. Ternyata ketimun ini juga bisa menurunkan tekanan darah seseorang yang mengonsumsinya.

Jadi sangat cocok  dikonsumsi oleh penderita hipertensi untuk dijadikan obat herbal untuk hipertensi. Hal itu dikarenakan di dalam ketimun terdapat zat mineral potassium yang mampu menurunkan kadar tekanan darah tinggi.

Untuk menjadikannya sebagai obat Anda bisa memakannya secara langsung atau dibuat lalapan, bisa juga di buat jus, atau bisa juga dicampur dengan buah lain asalkan jumlah buah timunnya lebih banyak dari yang lainnya.

  1. Blewah

Buah yang mirip dengan melon ini biasanya digunakan untuk membuat es buah atau es blewah karena rasanya yang menyegarkan dan sangat cocok dikonsumsi pada siang hari karena pada waktu itu matahari sedang terik-teriknya. Namun selain cocok untuk minuman buah ini juga cocok untuk dijadikan obat herbal untuk hipertensi.

blewah sebagai obat hipertensi

blewah

Hal itu disebabkan karena sama seperti dengan ketimun, buah blewah ini juga memiliki kandungan potassium yang baik untuk menurunkan tekanan darah. Anda bisa mengonsumsinya secara langsung atau mencampurnya dengan bahan lain, asalkan buah tersebut memiliki jumlah yang lebih banyak.

  1. Temu ireng

Apa Anda pernah mendengar tentang temu ireng? Temu ireng ini memang sudah dikenal sebagai obat tradisional terutama untuk masyarakat jawa. Temu ireng ini juga dapat digunakan sebagai obat herbal untuk hipertensi.

temu ireng sebagai obat hipertensi

temu ireng

Karena khasiat dari temu ireng ini adalah dapat melancarkan sirkulasi  darah dan juga dapat mencairkan atau menghancurkan gumpalan-gumpalan yang ada dalam darah sehingga dapat menurunkan tekanan darah tinggi Anda.

Untuk mengonsumsinya sebaiknya Anda ikuti resep berikut ini.

  1. Campurkan daun dewa sebanyak 30 gram, temu ireng sebanyak 25 gr, bunga soka sebanyak dua kuntum, dan juga dua kuntum bunga mawar.
  2. Rebus bahan-bahan tersebut dengan menggunakan 600 cc air. Tunggu hingga mendidih dan air berkurang menjadi sekitar 200 cc atau satu gelas biasa.
  3. Saring dan minum ramuan tersebut secara rutin setiap harinya sebanyak dua kali.

Itulah beberapa bahan-bahan alami yang bisa digunakan untuk obat herbal untuk hipertensi. Anda bisa mencoba membuatnya di rumah dan rasakan khasiat setelah mengkonsumsi bahan-bahan alami tersebut.