Kenali Jenis Makanan dan Minuman Penyebab Asam Urat Kadar Asam Urat dalam Tubuh

Zat asam urat diproduksi dari pemecahan senyawa puri yang dihasilkan oleh tubuh. Selain dihasilkan sendiri oleh tubuh, purin juga didapat dari mengkonsumsi jenis makanan tertentu. Angka normal untuk asam urat dalam darah manusia yakni 2.4 – 6.0 miligram/desiliter untuk wanita. Sedangkan untuk laki – laki yaitu 3.4 – 7.0 miligram per desiliter. Bila kadar asam urat dalam tubuh melebihi angka normal tersebut, maka akan terjadi pengkristalan asam urat di daerah persendian dan akhirnya menyebabkan munculnya bentuk arthiti yang menimbulkan rasa sakit di are persendian atau biasa kita kenal dengan sebutan asam urat. Adapun penyebab dari asam urat sendiri yakni konsumsi jenis makanan – makanan tertentu yang tinggi akan kandungan purin.

 

Seafood
udang dilarang untuk asam uratSeafood atau makanan laut merupakan jenis olahan makanan yang diolah dari bahan – bahan yang ada di lautan seperti ikan, kerang, lobster dan lain – lain. Seafood merupakan sumber utama penyebab terjadinya gangguan asam urat. Ikan – ikan yang banyak mengandung lemak misalnya ikan tuna, herring, mackerel, ikan asin, udang, lobster, dan kerang. Semua jenis makanan ikan tersebut mengandung senyawa purin yang tinggi. Menurut studi yang termuat di New England Journal of Medicine pada tahun 2004 ditemukan peningkatan asam urat 7% pada laki – laki dia tas usia 40 tahun akibat dari mengkonsumsi seafood yang kaya akan purin yang dikonsumsi per minggunya. Jenis ikan atau makanan seafood harus dibatasi konsumsinya bila Anda tak ingin memiliki gangguan asam urat.

 

 

 

 

 

 

 

Daging Merah
daging merah dilarang untuk asam uratSumber utama yang memicu asam urat yaitu daging merah. Studi dari New England Journal of Medicine pada tahun 2004 juga menemukan terjadinya peningkatan 21% pada pria di atas usia 40 tahun yang gemar mengkonsumsi daging merah kaya purin per minggunya. Daging domba, sapi, babi semua mengandung asam urat. Selain itu konsumsi jeroan juga tidak baik untuk kesehatan karena mengandung kadar asam urat yang sangat tinggi. Bagi penderita asam urat, konsumsi akan daging sebaiknya harus dibatasi yakni pada kisaran 4 – 6 ons per hari.

 

 

 

 

 

 

 

Sayuran

kacang_kacangan_dilarang_bagi_penderita_asam_urat
Selain jenis makanan berlemak dari daging maupun ikan, sayuran tertentu juga banyak yang mengandung purin sehingga dapat menyebabkan kadar asam urat meningkat. Sayuran tersebut diantaranya yaitu asparagus, bayam, bunga kol, kacang polong dan jenis kacang – kacangn lainny, dan juga jamur. Untuk memnuhi kebutuhan magnesium dalam tubuh, sayuran – sayuran tersebut bisa diganti dengan jenis sayuran yang lain seperti jagung, kentang dan buah alpukat.

 

 

 

 

 

 

Minuman beralkohol

minuman beralkohol salah penyebab yang memicu asam urat
Konsumsi alkohol juga bisa menjadi pemicu rasa sakit pada persendian akibat asam urat. Alkohol, terutama yang terdapat dalam bir seharusnya dihindari agar tidak meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh Anda. Bir dan minuman beralkohol lainnya memang tidak mengandung purin. Akan tetapi, jenis minuman yang mengandung alkohol ini apabila dikonsumsi maka akan membantu proses peningkatan purin dalam tubuh. Oleh karena itu, hindari mengkonsumsi segala minuman yang mengandung alkohol terutama bir untuk mencegah terjadinya resiko peningkatan kadar asam urat dalam darah. Untuk minuman jenis wine sendiri belum didapatkan penemuan apakah berbahaya atau tidak bagi penderita asam urat. Namun ada baiknya agar si penderita asam urat menghindari atau membatasi akan konsumsi minuman – minuman beralkohol dengan takaran dua atau kurang dari itu untuk porsi per harinya.