Obat Alami untuk Melancarkan Haid atau Menstruasi

Bagi seorang wanita yang merasakan nyeri ketika sedang mengalami haid memang bukanlah hal baru yang harus dipusingkan. Namun bila rasa nyerinya cukup hebat bisa jadi itu merupakan suatu indikasi atau gejala akan adanya kondisi yang tidak normal.

Mengalami rasa nyeri atau sakit ketika sedang haid bukanlah sesuatu yang baru bagi wanita yang sedang mengalami haid. Akan tetapi, tak sedikit wanita yang merasa sangat terganggu dengan munculnya rasa nyeri ini. Pasalnya rasa nyeri yang dialami wanita biasanya terasa sangat menyiksa sehingga membuat si wanita tersebut menjadi terhambat dalam menjalani aktifitas kesehariannya. Rasa nyeri datang bulan biasanya terjadi pada wanita ketika di masa awal mengalami menstruasi. Kondisi ini bisa teratasi dengan mengkonsumsi obat yang diberikan oleh dokter atau dari toko obat yang lain.

Rasa Nyeri karena Kontraksi

Penyebab dari adanya rasa nyeri yang dialami oleh sebagian wanita merupakan efek dari proses kontraksi yang sedang terjadi di dalam rahim, dan hal ini merupakan suatu kondisi yang wajar. Ketika sedang haid, dinding rahim melakukan kontraksi kencang guna meluruhkan dinding rahim dan menekannya sehingga datanglah rasa nyeri tersebut. Kondisi seperti ini menyebabkan aliran atau supplai oksigen dan darah yang mengalir ke rahim menjadi terputus oleh karena adanya reaksi dari zat kimia yang dihasilkan oleh tubuh. Zat kimia tersebut berperan untuk menetralisir oksigen pada rahim. Dalam keadaan normal, kontraksi pada dinding rahim tidak terasa begitu nyeri karena terjadi lebih lembut bila dibandingkan dengan yang tidak normal.

Senyawa kimia yang dikeluarkan tubuh itu disebut prostaglandin, yakni zat kimia yang menyebabkan rasa nyeri ketika sedang melakukan kontraksi pada rahim wanita. Selain memunculkan keluhan pada rahim, prostaglandin ini juga yang membuat munculnya keluhan pada bagian tubuh lain seperti mual, diare, lemas, pegal – pegal, dan sakit kepala. Masing – masing wanita mendapati produksi prostaglandin dengan kadar yang berbeda – beda. Bila jumlah produksi dari prostaglandin terbilang berlebih, maka rasa nyeri yang dirasakan wanita tersebut juga akan semakin lebih hebat dibandingkan yang dalam keadaan normal.

Waspadai Penyakit Tertentu

Rasa nyeri yang dialami seorang wanita di masa awal menstruasi itu disebut dengan dismenore primer. Kemudian pada kondisi yang lebih berat rasa nyeri tersebut dinamai dengan istiah disminore sekunder. Kondisi kedua ini menyebabkan rasa nyeri yang dialami wanita menjadi lebih lama bila dibandingkan dengan yang dalam keadaan normal.

Berikut ini merupakan pemaparan singkat tentang gangguan haid pada wanita yang menyebabkan dismenore sekunder.

Endometriosis

Endometriosis ialah keadaan di mana jaringan yang melapisi rahim mulai tumbuh di sekitaran luar rahim seperti di area tuba falopi atau ovarium. Meluruhnya sel ini akan menimbulkan rasa nyeri yang luar biasa bagi wanita yang haid.

Radang Panggul

Radang pada panggul ini terjadi karena adanya infeksi yang menimbulkan pembengkakan pada rahim, tuba falopi, dan juga ovarium.

Fibroid

Yaitu tumor yang bersifat non kanker yang berada di dalam rahim.

Adenomiosis

Adenomiosis ialah kondisi di mana jaringan yang melapisi rahim paling dalam mulai tumbuh ke dalam otot dinding rahim sehingga memunculkan rasa nyeri ketika sedang haid.

Stenosis leher rahim

Yaitu suatu kondisi di mana proses pembukaan terjadi pada dinding rahim sehingga menyebabkan terbatasnya aliran darah untuk keluar ketika sedang haid. Keluhan ini biasanya juga memunculkan rasa sakit yang luar biasa bagi wanita yang sedang haid oleh karena adanya kondisi tertekan pada dinding rahim perempuan.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai obat pelancar haid, silakan anda lihat di laman ini.

 

bahan alami melancarkan haid