Obat Batuk Herbal Untuk Meredakan Batuk

Obat Batuk Herbal

Kebanyakan orang mungkin tidak terlalu memperhatikan batuk yang sedang mereka dertia karena penyakit ini merupakan penyakit biasa yang kadang diobati sekali dua kali saja sudah sembuh. Atau mungkin ada juga yang tidak pernah mengobati batuk karena menganggap batuk adalah sakit yang sepele. Batuk adalah gejala dari proses pembersihan tenggorokan dari berbagai bentuk polusi seperti debu, asam rokok, asap kendaraan, dan atau pun bakteri. Tapi Anda tidak perlu khawatir dan mikir pusing – pusing untuk meredakan gejala ini sebab obat sederhana untuk meredakan batuk bisa dengan mudah ditemui di masyarakat. Sebelumnya, mari kita bahas telebih dahulu tentang manfaat dari obat batuk herbal.

obat_batuk_apotik

kita bisa mengobati batuk tanpa obat-obatan pereda batuk dari apotik dan dokter .

Manfaat dari Obat Batuk Herbal

Manfaat obat batuk herbal ialah untuk memperlambat proses batuk yang waktu penyembuhannya yang panjang. Di era sekarang ini semua orang menginginkan hasil yang serba instan dan cepat. Namun hal itu tak selamanya benar. mengapa? Percepatan proses penyembuhan sebenarnya seakan memaksa tubuh untuk memblokir mekanisme pertahanan tubuh yang sedang bekerja dalam mengeluarkan lendir yang menghambat terjadinya infeksi. Selain itu, penyembuhan yang cepat juga membuat kita menjadi tidak tahu lebih dalam tentang apa yang sebenarnya terjadi pada tubuh kita dengan munculnya gejala batuk tersebut.

Pengalaman dari seseorang yang pernah mendapati suatu kasus bronkitis yang berlangsung selama tiga minggu. Si penderita tersebut mencoba untuk mengobatinya dengan obat china yang merupakan obat herbal. Ketika hampir sembuh, akhirnya bronkitis tersebut mulai melunak. Hal ini disebabkan karena adanya tanda bahwa tubuh perlu untuk lebih kuat lagi. Maka dari itu sebaiknya untuk menunggu gejala ini bisa dibantu dengan menyelesaikan ulu siklus penyembuhan gejala tersebut dengan mengkonsumsi kaldu tulang dan teh jelatang.

Selain itu, ada manfaat lain dari obat herbal sendiri, yakni bisa dibuat sendiri di rumah. Di sini Anda bisa berperan layaknya seorang dokter dengan meracik ramuan herbal untuk meredakan gejala batuk. Daripada harus pergi ke toko atau apotek, tak ada salahnya Anda membuat obat herbal Anda sendiri dan lengsung tinggal mengambilnya ketika Anda membutuhkannya. Tentunya pengobatan dengan cara herbal ini lebih aman bila dibandingkan dengan penggunaan obat – obatan pabrik. Di sini kami akan memaparkan bagaimana cara membuat obat herbal sendiri yang sehat dan segar serta berkhasiat.

Langkah awal yang harus Anda lakukan ketika Anda ingin melakukan pengobatan dengan herbal ialah kembali ke alam. Maksudnya ialah Anda harus mulai dengan menyediakan bahan – bahannya sendiri yang bisa ditanam dan tumbuh subur di lingkungan Anda. Tanaman obat bisa memberikan pengaruh cukup cepat dalam meredakan batuk. Selain bisa untuk diri sendiri, cara ini juga bisa bermanfaat untuk orang lain. Obat batuk herbal juga tidak mengandung perasa sintesis, pewarna, dan bahan kimia yang lain sehingga aman dan ampuh meredakan batuk tanpa efek samping.

Jenis – jenis batuk

Batuk dapat berubah dari waktu ke waktu, mempengaruhi suara kita dan jenis keparahannya pun juga berbeda. Ada yang batuk ringan, ada pula yang batuk sampai menggonggong dan terasa sangat gatal di tenggorokan. Di sini akan kami paparkan cara meramu obat batuk herbal untuk batuk yang paling standar atau biasa diderita oleh orang – orang.

Bahan Herbal untuk Meredakan Batuk

Ada banyak bahan herbal yang bisa kita gunakan untuk mengatasi batuk, pilek, tenggorokan yang meradang, dan atau paru – paru. Jenis – jenis bahan ini bisa untuk mengatasi keluhan batuk dengan dibuat ke dalam berbagai bentuk seperti infus, sirup, obat batuk, dan lain – lain.

  1. Slipery Elm Bark atau Ulmus Rura. Merupakan ramuan yang bisa menenangkan tenggorokan. Sangat baik bila dikombinasikan dengan licorice.
  2. Akar licorice, yaitu salah satu bahan herbal yang mujarab untuk mengatasi batuk. Herbal ini dapat meredakan batuk, sakit tenggorokan, radang, dan sebagainya.
  3. Osha Root atau Ligusticum porter, yaitu ramuan herbal yang dapat mengatasi batuk bronkitis dan pneumonia.
  4. Wild Cherry Bark atau Prunus Avium. Tanaman yang satu ini berkhasiat untuk meredakan gejala batuk berat. Bahan ini biasanya banyak digunakan sebagai bahan obat – obatan produksi pabrik.

Resep Pembuatan Obat Batuk Herbal

Obat Tetes Batuk dari Jahe

Cara membuatnya ialah dengan menyediakan jahe yang sudah dikupas bersih, dicuci lalu dipotong kecil kecil. Kemudian sediakan 1.5 liter air, 6 cangkir gula merah atau gula putih seperempat cangkir. Jahe direbus terlebih dahulu sampai mendidih. Lalu saring dan buang ampas jahenya. Untuk setiap cangkir tambahkan air 1.5 cangkir gula merah. Didihkan lagi sampai mengental. Setelah itu angkat lalu diamkan dalam loyang atau sejenisnya. Terakhir potong kecil – kecil dan simpan dalam wadah kedap udara.

Bola Manis untuk Meredakan Radang Tenggorokan

Bahan bahan yang dibutuhkan yaitu ¼ cangkir kurma kering, ¼ mangkok kenari, kacang almond atau mentega, madu, ¼ cangkir parutan kelapa, 1/8 cangkir carob powder, 1 sdm bubuk akar licorice dan elm bubuk, ½ bubuk echinacea, ¼ sdm bubuk goldenseal, dan 3 tete minyak esensial rasa peppermint.

Caranya adalah giling kurma kering dan kenari. Lalu tambahkan kacang mentega dan madu dengan takaran yang sama. Campurkan parutan kelapa, bubuk obat, bubuk carob, dan peppermint lalu suk hingga merata. Bentuk bulat – bulat seperti bola. Lalu simpan dalam lemari es.

Obat Semprot Tenggorokan

Bahan yang digunakan yaitu 1 sdt. daun dan bunga echinacea, 1 sdt  daun dan bunga licorice, 1 sdt. daun sage, 3 gelas air, 2-3 tetes minyak esensial kayu putih. Caranya ialah dengan merebus semua bahan tadi lalu diamkan selama satu jam. Tambahkan minyak esensi lalu masukkan ke dalam botol semprot dan obat pun siap digunakan.

Sirup Obat Batuk dan Radang Tenggorokan

Bahannya yaitu 1 oz biji adas, 1 oz. licin elm kulit, 1 oz Valerian, 1 oz akar licorice, 1 oz kulit cherry liar, 1/2 oz kulit kayu manis, 1/4 oz akar jahe, 1/8 oz. kulit jeruk, 1 -2 tetes peppermint minyak esensial (opsional), 1 cangkir madu, gliserin sayur atau sirup maple.

Caranya ialah didihkan keseluruhan bahan tersebut hingga menyusut 1 liter. Saring ramuan lalu tambahkan madu, gliserin dan sirup maple. Untuk membuat teh bisa juga dengan cara tersebut tetapi tidak dimasak dengan madu. Bila Anda ingin mengawetkannya simpan dalam lemari es.

Obat Herbal Madu Pinus Putih

Bahan – bahan yang bisa Anda gunakan yaitu 1 cangkir kulit pinus putih, 1 cangkir wiski, 1 cangkir madu dan air mendidih satu sepertiga gelas. Caranya ialah masukkan kulit pinus putih dan air dalam botol kaca lalu tutup. Setelah dingin bisa Anda tambahkan wiski. Diamkan selama semalam dan kocoklah sesekali. Keesokan harinya saring saring airnya dan tambahkan madu sampai merata. Orang dewasa konsumsi 1 – 2 sdm, sedangkan anak – anak yaitu 1 – 2 sdt atau sesuai kebutuhan masing  – masing. Sirup ini bisa bertahan lama tanpa rusak sedikit pun sehingga sangat efektif.

Obat Kumur untuk Pencuci Mulut

Bahan yang perlu disiapkan yaitu 1.5 gelas air, ½ cangkir vodka, 4 tetes calendula tingtur, 4 tetes goldenseal, 2 tetes mur tingtur, 2 tetes minyak esensi mint, dan ¼ oz air. Bahan tersebut tinggal dicampurkan semuanya dengan air. Gunakan 4 – 5 sendok makan lalu teteskan dalam air, kemudian digunakan untuk berkumur.

**Catatan: untuk penggunaan alkohol dalam obat – obatan mendapatkan pengawasan dari pihak – pihak tertentu. Namun penggunaan alkohol ini sudah ada sejak zaman Mesir dan Sumeria dan cara ini aman untuk digunakan mengingat alkohol sudah digunakan dalam medis sejak zaman dahulu. Alkohol yang digunakan dengan baik untuk tujuan pengobatan dibolehkan. Untuk anak – anak, alkohol bisa diganti dengan sirup gliserin sebagai alternatifnya.

 

Obat Kumur Radang Tenggorokan

Bahan – bahannya yaitu ½ cangkir cuka sari apel, 1 cangkir teh sage, 2 sdt garam, sejumput bubuk cayenne. Cara buatnya cukup campurkan semua bahan dan gunakan untuk berkumur.

Teh Herbal

Berikut adalah alternatif untuk ramuan obat herbal yakni teh herbal. Bahan – bahannya ialah bunga red clover, daun dan bunga lemon, daun Catnip, daun dan buah kering Blueberry, daun kemangi, biji Adas yang dihaluskan, daun Thyme, daun Mullein

Caranya mudah yaitu tinggal campurkan semua bahan tersebut dalam segelas atau secangkir air mendidih. Diamkan selama 20 menit. Untuk menambahkan rasa manis Anda bisa campurkan 1 sdt madu.

teh_herbal_pereda_batuk

Demikian beberapa tips atau resep untuk membuat obat batuk herbal sederhana. Silakan mencoba sendiri di rumah dan semoga bermanfaat.