Penyakit Diabetes Dalam Ilmu Pengobatan Cina

Penyakit Diabetes merupakan tingginya kadar gula darah serta sudah dijelaskan dalam literatur medis Cina kuno, serta penyakit tersebut diobati dengan ramuan obat gula darah, diabetes melitus setidaknya sejak 2.000 tahun. Di dalam Huang Di Nei Jing, kondisi yang disebut sebagai xiao Ke, serta diterjemahkan saat ini sebagai diabetes ataupun kelelahan diabetes, dalam teks kuno, penyakit muncul karena mengkonsumsi terlalu banyak lemak, manis, ataupun berlebihan makan. Yang umumnya terjadi diantara orang-orang kaya, deskripsi tersebut cocok dengan tipe 2, ataupun diabetes mellitus insulin, bentuk paling biasa dari diabetes yang ada sekarang ini. ada dua formula tradisional yang sering dipakai di Cina modern serta Jepang bagi pengobatan diabetes yang telah dijelaskan di dalam Jin Gui Yao Lue, sekitar 200 AD Salah satunya ialah rehmannia Delapan Formula (Ba Wei Di Huang Tang), mulanya diindikasikan bagi orang yang memperlihatkan kelelahan, kelemahan, serta urin berlebihan diekskresikan setelah minum air, di dalam beberapa kasus, itu mungkin diabetes yang kita kenal saat ini. selanjutnya ialah Ginseng serta kombinasi Gypsum (Bai Hu Jia Ren Shen Tang), dipakai lama di Jepang modern dibanding di dataran Cina; itu ditunjukkan mulanya bagi rasa haus yang parah serta kelelahan dan juga dianggap ideal bagi diabetes yang baru mulai.

ramuan_obat_cina

Pada saat 752 Masehi, dokter Wang Tao menerbitkan buku yang terkenal Wai Tai Mi Yao, ialah panduan komprehensif bagi obat gula darah. Yang dalamnya, dia menyebutkan bila diabetes ditandai urine yang manis serta dia menyarankan konsumsi pankreas daging babi untuk pengobatan, menuliskan kesimpulan bila pankreas ialah organ yang berhubungan di dalam penyakit (dia menyarankan hati hewan bagi kebutaan malam, tiroid domba serta rumput laut bagi gondok, dan juga obat lain yang kelihatanya mengantisipasi hasil penelitian ilmiah tersebut yang dilakukan lebih dari seribu tahun kemudian). Kemudian, dia menyarankan bila urin pasien diabetes haruslah diuji tiap hari guna menentukan kemajuan penyakit serta pengobatannya agar mendapatkan obat gula darah.

 

dewa_obat_cina

 

Liu Wansu (ca. 1120-1200 Masehi) mengatakan teori bila penyakit diabetes umumnya dikarenakan panas dalam tubuh, yang haruslah diatasi dengan obat herbal yang mempunyai sifat dingin. Teorinya, di dalam hubunganya dengan diabetes, kebanyakan sudah ditahan sampai saat ini, serta tahap awal penyakit tersebut diobati terutama dengan tumbuh-tumbuhan yang jelas panas serta memelihara yin. Salah satunya formula yang diciptakan bagi diabetes, Ophiopogon serta Trichosanthes Kombinasi (Mai Pria Dong Yin Zi), yang seluruhnya terdiri dari herbal yang sudah ditunjukkan oleh penelitian modern guna menurunkan gula darah. Yang lain lagi dari formula nya, Siler serta platycodon Formula (Fang Feng Tong Sheng San), disarankan banyak dokter Jepang bagi pengobatan obesitas serta jenis yang menyertainya 2 sindrom penyakit diabetes.