Penyebab Darah Tinggi

Kasus hipertensi sekitar 90% hingga 95% disebut primer, ataupun hipertensi esensial yang tidak diketahui penyebabnya. Yang mempengaruhi faktor-faktor hipertensi primer seperti berat badan, genetik, serta asupan garam. Penelitian tersebut dilakukan guna mempelajari kelanjutan tentang peranan bila gen itu peranya untuk hipertensi dan juga guna mengeksplorasi hubungan di antara hipertensi serta faktor-faktor seperti berat badan lahir rendah, obesitas serta rendahnya tingkat oksida nitrat. Nitrat oksida ialah molekul yang dapat mempengaruhi sel-sel otot polos melapisi pembuluh darah. Orang yang rendah tingkat oksida nitratnya sudah ditemukan mempunyai tekanan darah tinggi terutama di Afrika – Amerika dengan rendah tingkat molekulnya.

Hipertensi sekunder ialah hipertensi yang dikarenakan kondisi medis yang mendasar. Hipertensi sekunder merupakan nama untuk tekanan darah tinggi yang mempunyai penyebab yang spesifik, seperti masalah ginjal atau tiroid. Yang menyebabkan umumnya dari hipertensi sekunder ialah penyakit ginjal. hipertensi sekunder dapat terjadi selama kehamilan atau juga dalam hubungan dengan sleep apnea, penyakit Cushing (gangguan kelenjar adrenal), disfungsi tiroid, sirosis, serta berbagai kondisi medis lain yang harus diobati menggunakan obat darah tinggi.

Penderita hipertensi sekunder jauh lebih sedikit dibanding dengan hipertensi esensial (~ 5%), serta cenderung dapat mengembang cepat dari hipertensi primer ataupun esensial.
Bermacam resep serta over-the-counter obat bisa mengakibatkan tekanan darah tinggi sementara ataupun mengganggu terapi hipertensi. Obat Darah Tinggi yang terkenal mempunyai efek tersebut seperti estrogen (termasuk pil KB), kortison, cyclosporine, prednisone, monoamine oxidase inhibitor, amfetamin, serta dekongestan nasal. Sedangkan penggunaan dengan jangka panjang obat anti-inflamasi nonsteroid (NSAID) yaitu ibuprofin, aspirin, serta naproxen juga bisa mengakibatkan hipertensi yang merusak ginjal.

minum_alkohol_terlalu_banyak_menyebabkan_tekanan_darah_tinggi

minum alkohol  dan merokok terlalu banyak menyebabkan tekanan darah tinggi

 

Obat-obatan, merokok, Alkohol, serta kafein bisa mengakibatkan hipertensi sekunder. Bila Anda banyak meminumnya dapat meningkatkan risiko terkena tekanan darah tinggi serta stroke. Minum satu alkohol per hari bisa melindungi jantung tapi lebih bisa menyebabkan kerusakan yang meningkatkan terkena darah tinggi. Merokok juga meningkatkan resiko terkena tekanan darah tinggi. Perokok mempunyai tingkat tekanan darah sampai 10 poin lebih tinggi dibandingkan yang bukan perokok. Kafein didalam kopi, teh, serta cola mengakibatkan, meningkatnya sementara sedikit tekanan darah, penelitian telah menunjukkan bila peminum kopi berat (rata-rata empat ataupun lima cangkir sehari) bisa mengakibatkan kenaikan yang lebih abadi serta berpotensi bahaya dalam tekanan darah. Kokain juga bisa mengakibatkan kelanjutan akut hipertensi.