Sejarah Pengobatan Herbal Cina

Pengobatan Herbal diseluruh Dunia Sebagian Besar Berakar Dari Pengobatan Tradisional Cina

TCM Traditional Chinese Medicine Huruf Cina Sederhana: 中 医学; Huruf tradisional Cina: 中 醫學; pinyin: Zhongyi Xu yang biasa dikenal sebagai Pengobatan Cina tradisional merupakan tempat berbagai praktek pengobatan tradisional yang berasal dari Cina yang telah berkembang sejak beberapa ribu tahun yang lalu. Inggris frase “TCM” yang diciptakan sejak tahun 1950 di RRC untuk mengekspor pengobatan dari Cina; di dalam bahasa cina tidak ada frase setara ( secara harfiah Zhongyi Xue hanya sebagai “studi pengobatan Cina”). Apalagi, TCM merupakan kompilasi modern dari obat tradisional Cina. Dalam praktek TCM masuk didalam teori, diagnosis serta perawatan seperti akupuntur, obat herbal, serta pijat. Pengobatan Cina merupakan bentuk dari obat Oriental, yang juga sistem lain tradisional Asia Timur medis yang seperti obat – obatan Korea serta tradisional jepang.

rendaman_obat_tradisonal-herbal_china

Dalam teori TCM menjelaskan bahwa proses dalam tubuh manusia itu saling berhubungan serta berinteraksi konstan terhadap lingkungan. Dengan melihat tanda – tanda ketidak harmonisan dapat membantu praktisi TCM untuk mengobati, memahami, serta mencegah penyakit. Dasar dari Teori TCM melihat pada sejumlah kerangka filosofis yang termasuk teori lima elemen, Yin-yang, teori organ zang fu, tubuh sistem Meridian manusia, serta yang lainya. Diagnosis serta pengobatanya dilakukan dengan konsep tersebut. TCM tidak memakai paradigma ilmiah tapi beberapa praktisi berupaya guna membawa praktek yang berbasis bukti serta kerangka kerja obat biomedis.

Sejarah Pengobatan Cina

ginseng_china_dan_pengobatan_tradisional_cina

 

Filosofi pengobatan tradisional Cina banyak berasal dari dasar filosofis yang sama. Telah berkontribusi dengan perkembangan filsafat Taois, serta mencerminkan kepercayaan Cina klasik bila pengalaman manusia dapat memperlihatkan akibat didalam lingkungan di semua skala.

Sejak masa keemasanya 2698-2596 SM, merupakan hasil berdialog dengan menteri Ch’i Pai (岐 伯), Kaisar Kuning mengatakan seharusnya tradisi Cina sudah disusun nya Neijing Suwen (內 經 素 問) ataupun Pertanyaan mendasar dari pengobatan dalam, biasa dikenal sebagai Huangdi Neijing. Ilmiah modern berpendapat bahwa teks yang masih ada dalam judul ini disusun oleh sarjana anonim setelah Dinasti Han yang telah lebih dari dua ribu tahun lalu.

Pada saat dinasti Han, Zhang Zhong Jing (張仲景), Hippocrates asal China, yang walikota Chang-sha di akhir abad kedua Masehi, menuliskan risalah pada saat Kerusakan Dingin, yang isinya referensi paling awal ke Neijing Suwen. Jin dinasti praktisi serta penganjur akupunktur dan juga moksibusi, Huang-fu Mi (215-282 Masehi), serta mengutip Kaisar Kuning di dalam bukunya Jia Yi Jing (甲乙 經), ca. 265 Masehi pada masa dinasti Tang, Wang Ping mengaku telah mendapat salinan aslinya dari Neijing Suwen, yang diperluas serta di edit secara banyak. pekerjaan ini dilihat kembali oleh para komisi kekaisaran pada abad ke sebelas.

Pengobatan Cina tradisional (TCM) berbeda dengan pengobatan tradisional klasik (CCM). Pemerintah Nasionalis memilih untuk meninggalkan serta melarang praktek CCM sebab tak ingin China tertinggal karena kemajuan ilmu pengetahuan. CCM selama 30 tahun dilarang di China sebab beberapa orang akan dituntut oleh pemerintah bila terlibat dalam CCM. Mao zedog akhinya memutuskan bila pemerintah tidak dapat melarang pemakaian CCM Pada tahun 1960. Sepuluh dokter (M.D.s) menugaskan Mao zedog membuat survei tentang CCM serta membuat susunan guna penerapanya. Yang sekarang lebih di kenal dengan TCM.

Saat ini, TCM telah diajarkan di sekolah – sekolah hampir semau di china, sebagian Asia serta Amerika Utara, yang dulunya tidak mengajarkan praktek medis tradisional sama sekali. Mempelajari CCM umumnya harus memiliki garis keturunan keluarga kedokteran. Belum lama ini, sudah terbangun minat dalam CCM di Cina, Amerika Serikat serta Eropa sebagai spesialisasi.

pengobatan herbal china sudah berkembang lebih dari dua ribu tahun yang lalu dari jaman dulu sebelum ilmu kedokteran barat maju.

berhubungan dengan budaya Barat serta obat-obatan belum bisa menggantikan pengobatan cina tradisional (TCM). Walaupun mungkin ada faktor tradisional yang ikut terlibat di dalam praktek terus-menerus, tapi ada dua alasan yang paling jelas di dalam penyebaran ke arah barat dari TCM dalam beberapa tahun terakhir. Pertama, praktik TCM dipercayai banyak orang dapat menjadi sangat efektif, terkadang menawarkan khasiat yang nyata di mana praktek terbaik dari barat gagal, biasanya untuk penyakit seperti flu serta alergi, dan juga mengelola guna menghindari keracunan dari beberapa obat kimia. Yang kedua, Pengobatan Cina Tradional  dapat menyediakan satu-satunya perawatan untuk untuk orang sakit, pada saat mereka tidak sanggup untuk mencoba opsi barat.

TCM sekarang ini telah menjadi bagian dari program kedokteran di Republik Rakyat Cina, yang kini sudah menjangkau kesehatan pada masyarakat sampai ke wilayah di pedesaan. Maka dari itu hal tersebut juga memberikan efek bagi pemerintah RRC dapat mengeluarkan biaya yang lebih murah untuk pelatihan praktisi TCM serta pegawai rumah sakit.
Itulah sedikit sejarah pengobatan tradisional cina yang telah lama ada sejak ribuan tahun lalu, yang anda dapat dapat ketahui. Semoga bermanfaat.